SPEKTRUM 2008

Arti Resep

Resep adalah Permintaan tertulis seorang dokter, dokter gigi, atau dokter hewan yang diberi izin berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada Apoteker Pengelola Apotek untuk menyediakan dan menyerahkan obat-obatan bagi penderita.

Manfaat dari kompetensi ini adalah jika dokter menulis resep sebagai tindakan terakhir setelah menentukan diagnosa dan menentukan terapi yang akan diberikan yang diwujudkan dalam resep, lalu pasien datang ke Apotek meminta kepada Apoteker Pengelola Apotek untuk menyediakan dan menyerahkan obat-obatan bagi penderita. Yang bertugas membantu proses pembuatan sediaan atau peracikan obat adalah tenaga teknis kefarmasian atau asisten apoteker maka agar resep dapat dilayani secara tepat maka resep itu harus jelas dan lengkap, sehingga yang akan membuat resep menjadi lebih cepat dan pengawasan Apoteker menjadi lebih tepat dan cepat pula sehingga proses terapi dan pelayanan kesehatan pada pasien tercapai, dengan hasil akhir kepuasan pasien kepada tenaga-tenaga dalam bidang kesehatan yang saling terkait.

Resep selalu dimulai dengan tanda R/ yang artinya recipe ( ambilah ). Recipe adalah bahasa latin, mengapa bahasa latin sampai saat ini masih digunakan dalam menulis resep khususnya pada bagian signatura, karena bahasa latin mempunyai keuntungan yaitu bahasa latin adalah bahasa yang mati/statis dimana tidak akan mengalami perkembangan/ perubahan sehingga menjamin tidak aka nada salah tafsir sepanjang zaman. Bahasa latin merupakan bahasa dunia untuk ilmu kesahatan sehingga apabila resep ditulis dengan bahasa latin oleh siapapun dimanapun selalu dilayani dengan tepat dan dimengerti oleh tenaga kesehatan yang terkait. Dengan Bahasa latin dapat merahasiakan sesuatu untuk kepentingan penderita sehingga tidak disalahgunakan.

0 komentar:

Posting Komentar